Terkini :

  • Salam sejahtera bagi semua. Irini pasi. Selamat datang di Evangelismos Katolik Timur. Kami mensyiarkan Gereja-Gereja Timur yang bersatu dengan Roma; dan ada dalam himpunan Gereja Katolik sedunia. Yaitu Gereja-Gereja Timur yang untuk saat ini tidak tergabung dalam himpunan Gereja-Gereja Ortodoks.
  • Mohon ingatlah seluruh saudara-saudari Kristiani di dalam doa-doa saudara, khususnya mereka yang berada dalam hambatan dan penganiayaan. Salah satu doa yang dapat digunakan dapat dibaca DI SINI
  • Ayo bergabung dengan Page Facebook "Gereja Katolik Timur Indonesia" DI SINI
  • "First Without Equal". Tanggapan terhadap Patriarkat Moskow (Gereja Ortodoks Rusia) tentang Primasi. Terambil dari Situs resmi Patriarkat Konstantinopel (Gereja Ortodoks Konstantinopel) DI SINI. Atau dari Situs resmi Metropolitan Ortodoks Patriarkat Ekumenis di Hong Kong dan Asia Tenggara DI SINI
  • Penjelasan, Antifon, Teks Liturgi Pesta dan Hari Raya penting, dapat ditemukan DI SINI
  • Halaman depan dapat ditemukan DI SINI

Senin, 26 Maret 2012

Kubah Gereja Timur : Makna dan Fungsi


Kubah Gereja Timur Yang Menyerupai Siung Bawang:

Kubah ini sebenarnya dibuat meniru bentuk dari api lilin. Oleh karenanya, kubah sejenis ini seringkali berwarna emas bagaikan api lilin yang bersinar keemasan. Maka makna pertama : Kubah keemasan merupakan simbol dari Doa yang tak kunjung putus. Karena di kekristenan kita kerap kali menggunakan lilin sebagai sarana dan symbol doa, maka bentuk itu digunakan sebagai tanda bagi tempat dimana doa-doa diangkat kepada Allah. 


Makna kedua : Kubah jenis ini juga dibuat untuk meniru bentuk dari tetesan air, yang melambangkan bahwa di sana lah tempat rahmat Allah dilimpahkan. Beberapa kubah bahkan diberi warna dan dekorasi yang beraneka ragam untuk melambangkan limpahan rahmat Allah yang begitu kaya dan beraneka ragam.


Fungsi : Kubah-kubah dibuat menyerupai bentuk ini agar berfungsi pula membuat salju gampang mencair. Oleh karena itu, biasanya kubah-kubah sejenis ini ada di daerah dingin seperti Ukraina dan Rusia misalnya.

Pada perkembangan berikutnya bentuk kubah sejenis ini digunakan dimana-mana sebagai identitas tempat doa.

+ + +




Kubah Gereja Timur Berbentuk Setengah Bola (biasanya digunakan oleh Gereja-Gereja Timur di daerah Timur Tengah):

Makna pertama : Dari bagian luar, kubah ini melambangkan naungan rahmat dan perlindungan Allah atas gereja tersebut serta semua umat percaya yang beribadah di dalamnya.


Makna kedua : Ketika kita masuk ke dalam gereja, terlebih lagi saat kita merayakan Liturgi Ilahi di dalamnya, kita memasuki "dimensi yang berbeda". Kita memasuki waktu dan dunia Ilahi. Kita hadir dalam Pesta Mistik Tuhan, Surga di atas bumi. Oleh karena itu, interior dalam gereja menggambarkan seolah-olah kita masuk ke "dunia Allah"/"surga"/"pesta Allah". Interior dalam gereja menggambarkan "kosmik" dimana Allah meraja. Dan kita bersama orang2 kudus dan malaekat di sekitar kita, serta makhluk2 ciptaan seperti tanaman2 dan hewan, hadir bersama memuliakan Allah.


Kubah dibuat berbentuk setengah bola yang ditelungkupkan menaungi bagian dalam gereja, dikarenakan sebagaimana diungkapkan dalam Perjanjian Lama bahwa pada jaman dahulu, langit digambarkan seolah2 seperti kubah "air samudra raya di atas" yang menaungi dunia. Ingat Kitab Kejadian dan Mazmur yang mengatakan "air di lautan, dan samudera di langit, yang dipisahkan oleh cakrawala".

"TUHAN, aku cinta pada rumah kediaman-Mu dan pada tempat kemuliaan-Mu bersemayam." ~ Mazmur 26:8


( Sumber gambar : www. conservapedia.com; en.wikipedia.org; www. knutsonconstruction.com; www.byzantineartworks.com; untuk tujuan keagamaan dan non-komersial )



Tidak ada komentar:

Posting Komentar