Terkini :

  • Salam sejahtera bagi semua. Irini pasi. Selamat datang di Evangelismos Katolik Timur. Kami mensyiarkan Gereja-Gereja Timur yang bersatu dengan Roma; dan ada dalam himpunan Gereja Katolik sedunia. Yaitu Gereja-Gereja Timur yang untuk saat ini tidak tergabung dalam himpunan Gereja-Gereja Ortodoks.
  • Mohon ingatlah seluruh saudara-saudari Kristiani di dalam doa-doa saudara, khususnya mereka yang berada dalam hambatan dan penganiayaan. Salah satu doa yang dapat digunakan dapat dibaca DI SINI
  • Ayo bergabung dengan Page Facebook "Gereja Katolik Timur Indonesia" DI SINI
  • "First Without Equal". Tanggapan terhadap Patriarkat Moskow (Gereja Ortodoks Rusia) tentang Primasi. Terambil dari Situs resmi Patriarkat Konstantinopel (Gereja Ortodoks Konstantinopel) DI SINI. Atau dari Situs resmi Metropolitan Ortodoks Patriarkat Ekumenis di Hong Kong dan Asia Tenggara DI SINI
  • Penjelasan, Antifon, Teks Liturgi Pesta dan Hari Raya penting, dapat ditemukan DI SINI
  • Halaman depan dapat ditemukan DI SINI

Rabu, 03 Oktober 2012

St Theresa dari Kanak Yesus : "Hal Yang Perlu Dalam Hidup"

 
“Hanya satu hal yang perlu dilakukan selama hidup di dunia ini, yaitu mencintai Yesus; memenangkan jiwa-jiwa bagi-Nya sehinga Ia semakin dicintai. Janganlah melepaskan setiap kesempatan untuk mengurbankan diri. Janganlah kita sampai menolak Dia. Ia sungguh merindukan cinta kita!”
~ Surat VI dari St Theresa Kanak-Kanak Yesus kepada Celine saudaranya


Gereja-Gereja Katolik Timur yang menggunakan Ritus Bisantin memperingati St Theresa dari Kanak-Kanak Yesus pada tanggal 3 Oktober. Namun ada pula sebagian Gereja-Gereja Katolik Timur yang telah memindahkan pesta peringatan St Theresia dari Kanak-Kanak Yesus ke tanggal 1 Oktober. (keterangan : 1 Gereja Katolik terdiri atas 23 Gereja Partikular yang saling bersatu penuh satu sama lain, dan bersama-sama berada dalam persatuan dengan Paus Roma. 22 Gereja Katolik Timur dengan beberapa ragam Ritus, termasuk didalamnya adalah Ritus Bisantin. Dan 1 Gereja Katolik Romawi yang menggunakan Ritus Romawi/Latin. )

Nama biara lengkap yang dimilikinya adalah : Theresa dari Kanak-Kanak Yesus dan Wajah Kudus Kristus. Oleh karenanya, pada ikon-ikon nya, seringkali St Theresia digambarkan bersama dengan Kanak-Kanak Yesus dan Wajah Kudus Kristus.

St Theresa dari Kanak-Kanak Yesus adalah pelindung bagi umat Katolik Bisantin Rusia (yaitu salah satu dari 22 Gereja Katolik Timur), dan pelindung bagi Kolese Pontifikal Russicum. Kolese Pontifical Russicum adalah sebuah Kolese yang didirikan oleh Paus Pius XI pada tanggal 15 Agustus 1929. Kolese ini berlokasi di Roma, dan dijalankan oleh para imam Serikat Yesus (SJ). Bertujuan untuk mendalam studi tentang budaya dan spiritualitas Rusia. Kolese ini telah memberikan pendidikan bagi kalangan Katolik dan Ortodoks.

Karena St Theresa dari Kanak-Kanak Yesus adalah pelindung bagi Kolese Pontifikal Russicum, maka terdapat pula ikon St Theresa di Kapel milik Kolese tersebut. Pada halaman artikel ini dapat dilihat ikon St Theresa yang ada di Kapel tersebut, serta situasi Kapel. St Theresa digambarkan tengah berdiri menghadap Allah, senantiasa berada di dalam hadirat Allah.


+ + + + + + +

“There is one ONLY THING to do here below: to love Jesus, to win souls for Him so that He may be loved. Let us seize with jealous care every least opportunity of self sacrifice. Let us refuse Him nothing - He does so want our love!”
~ VI letter to her sister Celine

Eastern Catholic Churches with Byzantine Rite commemorate St Therese of Child Jesus on 3 October. Some of the Eastern Catholic Churches has moved the feast in their liturgical calendar to 1 October. (note : 1 Catholic Church consists of 23 autonomous Particular Churches which are in full communion one to another, and with Roman Pope. 22 Eastern Catholic Churches with some various Rites, including the Byzantine Rite. And 1 Roman Catholic Church with Roman/Latin Rite.)

Her full religious name as a nun is : Therese of Child Jesus and of the Holy Face. That’s why, on her icons, it is very often that St Theresa is depicted with Child Jesus’ figure and the Holy Face of Christ.

St Therese of Child Jesus is the patron saint of Russian Byzantine Catholics (one of 22 Eastern Catholic Churches), and of the Pontificium Collegium Russicum. It is a College founded by Pope Pius XI on 15 August 1929. It is located in Rome, and is run by the priests of the Society of Jesus (SJ). It’s mission is to have comprehensive study over the culture and spirituality of Russia. The College has provided education to Catholics and Orthodox.

Because she is the patron saint of the Pontificium  Collegium Russicum, there is an icon of St Therese in the Russicum’s chapel. On this page, you may find the icon of St Therese preserved in the Russicum’s chapel, as well  the picture depicting the situation inside the chapel. On the icon, St Therese was depicted standing before God’s presence.






 
( Penulis : DCS Evangelismos Katolik Timur. Gambar : Situasi dalam Kapel courtesy of orbiscatholicussecundus.blogspot.com; Ikon St Therese di Kapel courtesy of cantate-domino.blogspot.com )

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar