Terkini :

  • Salam sejahtera bagi semua. Irini pasi. Selamat datang di Evangelismos Katolik Timur. Kami mensyiarkan Gereja-Gereja Timur yang bersatu dengan Roma; dan ada dalam himpunan Gereja Katolik sedunia. Yaitu Gereja-Gereja Timur yang untuk saat ini tidak tergabung dalam himpunan Gereja-Gereja Ortodoks.
  • Mohon ingatlah seluruh saudara-saudari Kristiani di dalam doa-doa saudara, khususnya mereka yang berada dalam hambatan dan penganiayaan. Salah satu doa yang dapat digunakan dapat dibaca DI SINI
  • Ayo bergabung dengan Page Facebook "Gereja Katolik Timur Indonesia" DI SINI
  • "First Without Equal". Tanggapan terhadap Patriarkat Moskow (Gereja Ortodoks Rusia) tentang Primasi. Terambil dari Situs resmi Patriarkat Konstantinopel (Gereja Ortodoks Konstantinopel) DI SINI. Atau dari Situs resmi Metropolitan Ortodoks Patriarkat Ekumenis di Hong Kong dan Asia Tenggara DI SINI
  • Penjelasan, Antifon, Teks Liturgi Pesta dan Hari Raya penting, dapat ditemukan DI SINI
  • Halaman depan dapat ditemukan DI SINI

Rabu, 07 November 2012

Seruan kepada St Mikael Malaekat Agung


Pada tanggal 08 November, Gereja-Gereja Katolik Timur (yang menggunakan Ritus Bisantin) merayakan “Pesta Sinaksis St Mikael Malaekat Agung dan Para Makhluk Surgawi”. Gereja mengajarkan umat beriman untuk percaya akan adanya malaekat, bergaul akrab dengan mereka, mengasihi mereka dan tidak ragu untuk meminta pertolongan mereka dalam hidup sehari-hari terutama agar dapat hidup baik, kudus dan berkenan di hadapan Allah. Gereja pun mengajarkan bahwa setiap orang percaya dikaruniai malaekat pelindung sebagai sahabat yang selalu menemani di sepanjang hidup.


Doa berikut ini adalah salah satu doa yang sudah sangat tua, yang ditujukan kepada St Mikael Malaekat Agung :

“Ya Tuhan Allah, Raja Yang Kekal dan Agung! Berkenanlah mengutus Mikael, malaekat-Mu yang agung, untuk menolong hamba-Mu …. (nama)…. Dan untuk membebaskan aku dari segala musuh-musuh ku, baik yang terlihat maupun yang tidak terlihat.

Ya malaekat agung Mikael : malekat Tuhan dan penghancur setan-setan! Hajarlah semua musuh-musuh yang memerangiku. Buatlah agar mereka menjadi seperti domba-domba yang tak berdaya. Dan serakkanlah mereka seperti debu yang dihempaskan angin.

Ya malaekat agung Mikael : malaekat Tuhan; pangeran agung bersayap enam; pemimpin para makhluk surgawi, kerubim dan seraphim! Ya malaekat agung Mikael yang baik, jadilah penolongku di segala kesesakan, kesedihan dan kesusahan; di padang gurun kehidupan, di jalan-jalan yang kulalui. Jadilah pelindungku di sungai dan samudra laut. Ya malaekat agung Mikael, bebaskanlah aku dari segala pencobaan setan, karena mereka mendengar dan mengetahui bahwa aku …. (nama)…. hamba yang berdosa ini berseru kepadamu, memohon kepadamu dan menyerukan namamu yang suci. Maka bersegeralah menolong aku dan mengabulkan permohonanku.

Ya malaekat agung Mikael! Hancurkanlah semua musuh-musuhku dengan kuasa Salib Tuhan yang Kudus dan Memberi Hidup. Demi doa-doa Theotokos (Yang Melahirkan Kristus Tuhan); Para Rasul yang kudus; Elias Nabi Allah yang kudus; St Nikolas Sang Pembuat Mujizat; St Andreas Yang Dianggap Bodoh Demi Kristus; St Nikitas dan Eustasius para martir yang kudus; para bapa dan hirarki yang kudus dan patut dihormati, serta para makhluk surgawi. Amin.” +



( Penulis : DCS Evangelismos Katolik Timur. Gambar : Malaekat Agung St Mikael )






Tidak ada komentar:

Posting Komentar