Terkini :

  • Salam sejahtera bagi semua. Irini pasi. Selamat datang di Evangelismos Katolik Timur. Kami mensyiarkan Gereja-Gereja Timur yang bersatu dengan Roma; dan ada dalam himpunan Gereja Katolik sedunia. Yaitu Gereja-Gereja Timur yang untuk saat ini tidak tergabung dalam himpunan Gereja-Gereja Ortodoks.
  • Mohon ingatlah seluruh saudara-saudari Kristiani di dalam doa-doa saudara, khususnya mereka yang berada dalam hambatan dan penganiayaan. Salah satu doa yang dapat digunakan dapat dibaca DI SINI
  • Ayo bergabung dengan Page Facebook "Gereja Katolik Timur Indonesia" DI SINI
  • "First Without Equal". Tanggapan terhadap Patriarkat Moskow (Gereja Ortodoks Rusia) tentang Primasi. Terambil dari Situs resmi Patriarkat Konstantinopel (Gereja Ortodoks Konstantinopel) DI SINI. Atau dari Situs resmi Metropolitan Ortodoks Patriarkat Ekumenis di Hong Kong dan Asia Tenggara DI SINI
  • Penjelasan, Antifon, Teks Liturgi Pesta dan Hari Raya penting, dapat ditemukan DI SINI
  • Halaman depan dapat ditemukan DI SINI

Senin, 21 Januari 2013

YM Ibrahim Isaak Sidrak, Patriark Baru Gereja Katolik Koptik


Sinode Suci dalam sidangnya yang dimulai sejak Senin 14 Januari 2013, pada hari Rabu waktu setempat 16 Januari 2013, pada akhirnya telah memilih YM Ibrahim Issak Sidrak, 57, sebagai Patriark Gereja Katolik Koptik meneruskan kepemimpinan Patriark terdahulu, YM Antonios Naguib, 77, yang mengundurkan diri karena alasan kesehatan.


 
Patriark Ibrahim Issak Sidrak dilahirkan pada 19 Agustus 1955 di Beni-Cliker, Eparki (Keuskupan) Assiut.  Beliau merupakan lulusan Universitas Kepausan Gregoriana, dalam bidang Theologi Dogmatik. Mengajar bidang yang sama di Seminari Maadi. Ia sempat menjadi rektor seminari dan direktur Karya Katekese. Ia sempat pula bertanggung jawab atas karya pastoral parokia di Katedral Katolik Koptik di Kairo. Penugasan terakhir menghantarnya ke Eparki Minya di Mesir.

Dalam penggembalaannya, Eparki Minya menjadi menonjol dengan karya kemanusiaan dan cinta kasih, khususnya dalam karya pendampingan kepada kaum pengangguran, pekerja seks komersial, tahanan narapidana dan keluarga-keluarga.

Diperkirakan bahwa agenda patriarkat dalam masa penggembalaannya adalah perihal peningkatan hubungan kerja sama antara Gereja Katolik dan Gereja Ortodoks Koptik (yang saat ini dipimpin oleh Paus Ortodoks Koptik Tawadros II) dan hubungan dengan kelompok-kelompok Islam di Mesir.


Gereja Katolik Koptik adalah Gereja Mesir yang menggunakan Ritus Alexandria (Mesir) dan mempertahankan Tradisi, Praktek dan Spiritualitas Kristen Timur Oriental, sebagaimana pula dimiliki oleh Gereja Ortodoks Oriental Koptik. Saat ini, Gereja Katolik Koptik menjalin persatuan penuh dalam Gereja Katolik, sedangkan Gereja Ortodoks Oriental Koptik belum bersatu penuh dalam Gereja Katolik. Di Mesir, selain Gereja Katolik Koptik dan Gereja Ortodoks Oriental Koptik, ada pula Gereja Ortodoks Yunani Koptik.



( Ditulis oleh : DCS Evangelismos Katolik Timur. Referensi : http://vaticaninsider.lastampa.it; www.terrasanta. )





Tidak ada komentar:

Posting Komentar