Terkini :

  • Salam sejahtera bagi semua. Irini pasi. Selamat datang di Evangelismos Katolik Timur. Kami mensyiarkan Gereja-Gereja Timur yang bersatu dengan Roma; dan ada dalam himpunan Gereja Katolik sedunia. Yaitu Gereja-Gereja Timur yang untuk saat ini tidak tergabung dalam himpunan Gereja-Gereja Ortodoks.
  • Mohon ingatlah seluruh saudara-saudari Kristiani di dalam doa-doa saudara, khususnya mereka yang berada dalam hambatan dan penganiayaan. Salah satu doa yang dapat digunakan dapat dibaca DI SINI
  • Ayo bergabung dengan Page Facebook "Gereja Katolik Timur Indonesia" DI SINI
  • "First Without Equal". Tanggapan terhadap Patriarkat Moskow (Gereja Ortodoks Rusia) tentang Primasi. Terambil dari Situs resmi Patriarkat Konstantinopel (Gereja Ortodoks Konstantinopel) DI SINI. Atau dari Situs resmi Metropolitan Ortodoks Patriarkat Ekumenis di Hong Kong dan Asia Tenggara DI SINI
  • Penjelasan, Antifon, Teks Liturgi Pesta dan Hari Raya penting, dapat ditemukan DI SINI
  • Halaman depan dapat ditemukan DI SINI

Minggu, 25 Agustus 2013

Konsekrasi Katedral Patriarkat UGCC Kebangkitan Kristus




Dalam rangka ulang tahun ke-1025 peristiwa pembaptisan bangsa Kievan-Rus, pada bulan Agustus 2013 ini, Gereja Katolik Yunani Ukraina (yaitu salah satu dari 22 Gereja-GerejaKatolik Timur yang ada di dalam Gereja Katolik) menyelenggarakan beberapa kegiatan yang berpuncak pada Konsekrasi Katedral Patriarkat Kebangkitan Kristus pada 18 Agustus 2013.
 


Beberapa kegiatan lainnya adalah : pelaksanaan Sinode pada uskup Gereja Katolik Yunani Ukraina; pelaksanaan minggu misi dan evangelisasi Gereja Katolik Yunani Ukraina; peresmian stasiun televisi ZHYVE TV milik Gereja Katolik Yunani Ukraina; pengadaan ret-ret panggilan untuk mendirikan biara monastik (yaitu biara pertapaan yang mengkhususkan diri untuk hidup doa dan pengendapan Kitab Suci. Dalam Gereja Katolik Romawi biasanya disebut sebagai biara kontemplatif) untuk biarawati Gereja Katolik Yunani Ukraina; pengucapan syukur atas peristiwa pembaptisan bangsa Kievan-Rus di Sungai Dnieper.

Konsekrasi Gereja Katedral Patriarkat Kebangkitan Kristus dimaksudkan untuk mempersembahkan gereja tersebut kepada Allah, dan mengkuduskannya demi Allah. Sesuai dengan Tradisi Gereja-Gereja Apostolik (yaitu Gereja-Gereja yang berasal dari zaman Para Rasul), pusat konsekrasi ada di altar. Altar tersebut melambangkan Makam Kristus dan sekaligus Kristus sendiri, yang menyerahkan hidup kepada Allah sebagai kurban penebus dosa dan sekaligus merupakan saksi kebangkitan Kristus.

Sesuai dengan Tradisi, pada altar-altar gereja, ditanamlah relikwi orang-orang kudus (yaitu peninggalan dari orang-orang kudus yang dalam sejarah sangat mencintai Kristus dan dekat kepada-Nya, rela memberikan diri mereka dan seluruh hidup kepada Kristus). Pada altar Gereja Katedral Kebangkitan Kristus, YM Patriark Sviatoslav Shevchuk menanam relikwi dari beberapa orang kudus, yaitu : St Petrus Rasul; St Paulus Rasul; St Andreas Rasul; St Klementius dan St Martinus dua Paus Roma; St Josafat; dan 2 martir modern Nicholas Charnetski dan Josafat Kotsilowski.

Pada upacara konsekrasi tersebut, utusan dari Takhta Suci Vatikan dan uskup-uskup dari Gereja Katolik Romawi turut hadir.


 Perarakan Patriark Sviatoslav Shevchuk

Para imam dan biarawan

Pengucapan syukur 1025 tahun pembaptisan bangsa Kievan-Rus

 Pintu depan Gereja Katedral Kebangkitan Kristus

Persiapan konsekrasi altar gereja

 Konsekrasi altar gereja

Konsekrasi altar gereja

Penanaman relikwi orang-orang kudus, para pahlawan iman

Penjubahan altar gereja yang telah dikonsekrasi

 Liturgi ilahi







( Ditulis oleh DCS Evangelismos Katolik Timur. Sumber film : “Живе.ТБ трансляція 18.08.2013 ” oleh PressUGCC pada Youtube. Sumber foto : ugcc.tv; news.ugcc.org.ua; http://www.kyrios.org.ua/church/ugcc/10132-blazhennishij-svyatoslav-osvjativ-patriarshij-sobor-voskresinnja-hristovogo.html  )




Artikel terkait :






Tidak ada komentar:

Posting Komentar