Terkini :

  • Salam sejahtera bagi semua. Irini pasi. Selamat datang di Evangelismos Katolik Timur. Kami mensyiarkan Gereja-Gereja Timur yang bersatu dengan Roma; dan ada dalam himpunan Gereja Katolik sedunia. Yaitu Gereja-Gereja Timur yang untuk saat ini tidak tergabung dalam himpunan Gereja-Gereja Ortodoks.
  • Mohon ingatlah seluruh saudara-saudari Kristiani di dalam doa-doa saudara, khususnya mereka yang berada dalam hambatan dan penganiayaan. Salah satu doa yang dapat digunakan dapat dibaca DI SINI
  • Ayo bergabung dengan Page Facebook "Gereja Katolik Timur Indonesia" DI SINI
  • "First Without Equal". Tanggapan terhadap Patriarkat Moskow (Gereja Ortodoks Rusia) tentang Primasi. Terambil dari Situs resmi Patriarkat Konstantinopel (Gereja Ortodoks Konstantinopel) DI SINI. Atau dari Situs resmi Metropolitan Ortodoks Patriarkat Ekumenis di Hong Kong dan Asia Tenggara DI SINI
  • Penjelasan, Antifon, Teks Liturgi Pesta dan Hari Raya penting, dapat ditemukan DI SINI
  • Halaman depan dapat ditemukan DI SINI

Sabtu, 17 Agustus 2013

Umat Kristiani dan Muslim Mesir bersatu Terhadap Ikhwanul Muslimin (Muslim Brotherhood) Yang Bertindak Brutal




Ikhwanul Muslimin (Muslim Brotherhood) turut menyalahkan dan memfitnah umat Kristiani di Mesir melakukan konspirasi besar yang menyebabkan tumbangnya rejim Mohamed Morsi dan Ikhwanul Muslimin dari kursi pemerintahan Mesir. Dan menolak segala upaya rekonsiliasi yang ditawarkan oleh pemerintahan sementara Mesir.



Sebenarnya tuduhan Ikhwanul Muslimin tidak berdasar, karena umat Kristiani Mesir hanya berjumlah 20% dari keseluruhan populasi Mesir. Dan selama ini umat Kristiani Mesir menderita banyak diskriminasi dan label “warga kelas dua”. Kalau diingat kembali, pada saat Musim Semi Arab di Mesir, umat Kristiani Mesir dan umat Muslim Mesir Non-Ikhwanul Muslimin turut mendukung dan membantu Ikhwanul Muslimin dalam upayanya megulingkan Hosni Mubarak (2011 – Juni 2012), yang lalu digantikan oleh Morsi dari kelompok Ikhwanul Muslimin. Gereja-Gereja dan umat Kristiani di Mesir sempat meneguhkan kembali komitmen mereka yang setia kepada Mesir yang baru saja dipimpin oleh Morsi.

Namun ternyata kepemimpinan Morsi dan Ikhwanul Muslimin malah memperburuk keadaan di Mesir saat itu dengan semakin maraknya kerusuhan antar kelompok; penyengsaraan umat Kristiani; kemiskinan yang semakin parah; dan terlebih lagi dengan penerapan peraturan-peraturan hukum yang tidak ada berbeda antara era Morsi dan era Hosni Mubarak. Hal ini menimbulkan kekecewaan baik dari kalangan Muslim Mesir yang menyangka akan tiba saat membangun Mesir, terlebih lagi umat Kristiani Mesir. Masyarakat Mesir merasa dibohongi dan dikhianati oleh Ikhwanul Muslimin.


Dan seperti yang telah diberitakan di berita-berita bahwa pada akhirnya Morsi dan Ikhwanul Muslimin digulingkan dari kursi pemerintahan Mesir pada 3 Juli 2013. Penggulingan ini dibalas kelompok Ikhwanul Muslimin dengan demonstrasi besar-besaran di berbagai bagian Mesir. Upaya rekonsiliasi demi melanjutkan masa depan Mesir ditolak.

Kelompok Ikhwanul Muslimin malahan menyalahkan umat Kristiani Mesir. Dan puncaknya adalah mereka melakukan tindakan brutal dengan merusak atau pun membakar tempat-tempat ibadah, biara, sekolah, rumah serta tempat usaha umat Kristiani pada tanggal 14 Agustus 2013.

Gereja Susteran Gembala Baik

Abuna Rafiq Greiche, juru bicara perhimpunan Gereja Katolik di Mesir, menyampaikan informasi bahwa setidaknya ada 23 Gereja yang dirusak : 7 Gereja Katolik (Gereja-Gereja Katolik Timur dan Katolik Romawi) yang dirusak; 15 Gereja Ortodoks Koptik; dan 1 tempat ibadah komunitas Protestan. Namun informasi lain mengatakan bahwa jumlah fasilitas keagamaan Kristiani yang dirusak mencapai 60 tempat.

Suster Angela dari Tarekat Gembala Baik (Gereja Katolik Romawi) menyampaikan di situs npr.org bahwa biara, rumah yatim piatu dan sekolah yang dibina para suster di Suez telah dihancurkan. 3 Biarawati sempat melarikan diri dibantu warga Muslim sekitar. Dan kembali ke biara keesokan harinya untuk membereskan segala sesuatu. Ia pun menyampaikan bahwa sekolah binaan para biarawan tarekat Fransiskan pun dirusak oleh kelompok Ikhwanul Muslimin.

Gereja-Gereja yang saat ini sempat tercatat telah dirusak :
1 – Gereja Katolik Koptik Marmriqs Abu Hilal Minya
2 – Gereja Katolik Koptik Suez
3 – Gereja dan Biara Katolik Romawi Gembala Baik, yatim piatu dan sekolah.
4 – Gereja Katolik Romawi St Fransiskus
5 – Gereja Katolik Romawi Para Pastor Yesuit Abu Hilal Minya
6 – Gereja Ortodoks Koptik Santa Perawan Maria dan Bapa Abraham
7 – Gereja Ortodoks Koptik St. George
8 – Lembaga Biblika Fayoum
9 – Gereja St Maxintus
10 – Gereja Ortodoks Koptik Pangeran Tawadros
11 – Gereja Ortodoks Koptik St Maria Abu Hilal Minya
12 – Gereja Ortodoks Koptik St Mina
13 – Gereja Ortodoks Koptik St Maria Nazlah
14 – Gereja Ortodoks Koptik St Perawan Maria dan Abraham, Sohaq
15 – Gereja Ortodoks Koptik Marmriqs, Sohag
16 – Pastoran Ortodoks Koptik, Abuna Onjelios, Deir Mawas
17 – Gereja Ortodoks Timur di Kairo
18 – Gereja Baptis Pusat Bani Mazar

 
Namun sebagaimana telah diinformasikan bahwa tidak semua umat Muslim Mesir bergabung dengan Ikhwanul Muslimin dan tidak pula mendukung kelompok ini. Umat Muslim Mesir terbagi menjadi 2 kelompok; yaitu Pro Ikhwanul Muslimin dan Kontra Ikhwanul Muslimin.

Gambar yang dibuat oleh seorang anak Muslim Mesir setelah kejadian 

Sejak lama hubungan antara umat Muslim dan Kristiani di Mesir terjalin baik. Terkecuali tentunya sebagian orang lainnya yang ekstrimis. Sedangkan sebagian umat Muslim lainnya menyadari benar hakekat perlunya hidup berdampingan dan menjadi rahmat bagi yang lain, bukan menjadi perusak. Sehari setelah kejadian, banyak umat Muslim dan tentunya juga petugas keamanan yang berinisiatif menjaga dan melindungi Gereja-Gereja dan umat Kristiani. Mereka berjaga-jaga bahkan dengan menjalankan Sholat Jumat di depan Gereja untuk melindunginya. Dan seorang anak kecil Muslim membuat sebuah gambar yang memperlihatkan kebaikan seorang Muslim yang seharusnya memang berbuat kebaikan bukan hanya untuk kelompok atau aliran Islam nya sendiri, melainkan pula kepada semua orang. Banyak pula umat Muslim Mesir yang menuliskan kekesalan mereka di halaman-halaman dunia digital dan menyatakan bahwa Ikhwanul Muslimin lah yang salah dalam hal kemunduran Mesir saat ini. Hal ini memperlihatkan bahwa masih banyak umat Muslim di Mesir yang berkehendak baik, dan mereka pun menentang Ikhwanul Muslimin.


Umat Muslim menjaga Gereja dari serangan Ikhwanul Muslimin
 

Umat Muslim menjaga Gereja seraya menjalankan Sholat Jumat

YM Bapa Suci Fransiskus pada tanggal 15 Agustus 2013, dalam Misa Kudus Katolik Romawi di Kastel Gandolfo dalam rangka merayakan H.R. St Maria Diangkat Ke Surga, menyampaikan pesan, “Marilah kita berdoa bersama bagi tercapainya perdamaian, dialog dan rekonsiliasi di negara Mesir terkasih dan di seluruh penjuru dunia. Saya mengingat dalam doa saya : semua korban dan sanak keluarga mereka, mereka yang terluka dan yang menderita”. Dalam peristiwa St Maria Diangkat Ke Surga (atau bagi Gereja-Gereja Katolik Timur disebut sebagai Tertidurnya St Maria), terdapat 3 hal penting yang pula relevan dengan situasi saat ini : Penderitaan; Kebangkitan dan Harapan. Gereja dan umat Allah, bersama dengan St Maria, dihadapkan dengan Naga Merah Padam dalam hidup sehari-hari sebagaimana disebutkan dalam Kitab Wahyu, inilah kesengsaraan Gereja yang masih berziarah. Namun, apapun yang terjadi, kebangkitan bersama Kristus adalah suatu kemenangan pasti yang telah menanti. Maka tidak ada kata lain selain berharap senantiasa dalam Tuhan.

Pada akhir tulisan ini, kami mengajak saudara sekalian untuk berdoa dan mengingat dalam doa-doa kita : semua saudara-saudari Kristiani kita dimana pun mereka berada yang menderita karena iman kepada Kristus; pula semua orang Non-Kristiani yang berkehendak baik semoga Allah membalas mereka dengan kebaikan pula dan memuliakan mereka; serta semua orang yang memusuhi Allah dan Gereja-Nya agar kiranya hidayah dan pertobatan dimudahkan bagi mereka. Karena bagaimana pun, pada akhirnya Tuhan Yesus Kristus akan kembali kelak, dan Ia Sang Raja Kerahiman dan Keadilan akan membalas semua orang sesuai dengan perbuatannya. Kita semua mengetahui akan hal ini.

“Ya Allah, perhatikan dan tolonglah saudara-saudari kami di manapun mereka berada.
Belalah terhadap segala yang memusuhi mereka.
Serta berikanlah kepada kami dan mereka kemenangan serta keselamatan. Amin +”




Berita terkait :



( Ditulis oleh DCS Evangelismos Katolik Timur. Sumber foto : dari berbagai sumber. Sumber info : Vatican Insider; Asia News; sumber Ortodoks Koptik dan berbagai sumber )






Tidak ada komentar:

Posting Komentar