"Bagi siapa saja yang berbakti dan
mencintai Allah,
Biarlah dia bersukacita dalam pesta
yang bahagia dan penuh kemenangan ini!
Bagi siapa saja yang merupakan
hamba yang bijaksana,
Biarlah dia bersukacita masuk dalam
sukacita Tuhan-nya.
Bagi siapa saja yang telah bersusah
payah dalam puasa,
Biarlah dia menerima ganjarannya.
Bagi siapa saja yang telah bekerja
mulai dari jam pertama,
Biarlah dia pada hari ini menerima
upahnya.
Bagi siapa saja yang telah datang
bekerja mulai dari jam ketiga,
Biarlah dia dengan rasa pernuh
syukur ikut berpesta.
Bagi siapa saja yang tiba pada jam
keenam,
Biarlah dia tidak terlewatkan
dengan rahmat;
Karena dia sekali-kali tidak akan
berkekurangan karenanya.
Bagi siapa saja yang akhirnya tiba
setelah jam kesembilan,
Biarlah dia mendekat, dan tidak
takut akan apapun.
Dan bagi siapa saja yang terlambat
bahkan sampai jam ke-sebelas,
Biarlah dia pun, tidak menjadi
gentar karena keterlambatannya.
Karena bagi Tuhan, yang iri demi
hormat-Nya,
Akan menerima bahkan dia yang
paling akhir sekalipun.
Allah menyediakan istirahat bahkan
bagi dia yang datang pada jam ke-sebelas,
Walaupun sama bagaikan orang
tersebut telah bekerja sejak jam pertama,
Dan Allah menunjukkan kerahiman
hingga bagi dia yang datang terakhir,
Dan memelihara dia yang pertama;
Dan bagi seseorang yang Allah berikan
berkah.
Dan bagi mereka yang lain yang
Allah limpahi berkah.
Dan Allah menerima
perbuatan-perbuatan keduanya.
Dan menerima niat-niat mereka,
Dan menghargai tindakan-tindakan
mereka, serta memuji persembahan yang diberikan.
Karenanya, mari masuklah wahai
kalian semua dalam sukacita Tuhan-mu;
Terimalah ganjaranmu,
Baik yang kedua, maupun yang kedua.
Kalian sekalian yang kaya dan
miskin, adakanlah perayaan besar!
Kalian yang waspada bijaksana dan
yang lalai, hormatilah hari ini!
Bersukacitalah pada hari ini, baik
kalian yang telah berpuasa,
Maupun kalian yang acuh tak acuh
terhadap puasa.
Meja telah penuh dengan sajian;
berpestalah kalian dengan limpah.
Lembu berlemak telah tersedia;
jangan seorangpun pergi dengan kelaparan.
Nikmatilah wahai kalian semua
perayaan iman ini;
Terimalah kelimpahan kebaikan dan
kasih.
Biarlah tidak seorangpun meratapi
kemiskinannya,
Karena Kerajaan segenap alam
semesta telah dinyatakan.
Biarlah tak seorangpun menangisi
ketidakpantasannyam
Karena pengampunan telah muncul
keluar dari kubur.
Biarlah tidak ada seorangpun gentar
akan maut,
Karena wafat Sang Penyelamat telah
membebaskan kita.
Dia (Sang Penyelamat) yang tadinya
telah ditawan olehnya, telah menghancurkannya.
Dengan turun ke dunia orang mati,
Dia telah menjadikan dunia orang mati sebagai tawanan-Nya.
Dia telah membuat dunia orang mati menjadi
getir karena telah merasakan tubuh-Nya.
Dan Yesaya menangis karena telah
menubuatkan hal ini;
Dunia orang mati, Yesaya berkata,
telah menjadi getir
Ketika bertemu dengan-Nya di
dunia bawah.
Dia menjadi getir, karena dia telah
dilenyapkan.
Dia menjadi getir, karena dia telah
dipermalukan.
Dia menjadi getir, karena dia telah
dibantai habis.
Dia menjadi getir, karena dia telah
digulingkan.
Dia menjadi getir, karena dia telah
ditawan dengan rantai.
Dia menaklukkan tubuh, namun malah
bertemu Allah muka dengan muka.
Dia menaklukkan bumi, namun malah
bertemu dengan Surga,
Dia menaklukkan apa yang terlihat
oleh mata, namun malah tunduk pada Yang Tak Terlihat.
Hai Maut, dimanakah sengatmu?
Hai Neraka, dimanakah kemenanganmu?
Kristus telah bangkit, dan engkau
telah digulingkan!
Kristus telah bangkit, dan
setan-setan telah jatuh!
Kristus telah bangkit, dan para
malaekat bersukaria!
Kristus telah bangkit, dan hidup
meraja!
Kristus telah bangkit, dan tidak
satu orang mati pun tetap tertinggal di kubur.
Karena Kristus, dengan bangkit dari
antara orang mati,
Telah menjadi yang sulung dari
antara mereka yang telah tertidur.
Bagi-Nya lah kemuliaan dan kuasa
Sepanjang segala abad.
Amin"
( Sumber : http://catholicism.about.com/od/thesaints/qt/Chrysostom_EH.htm;
http://en.wikipedia.org/wiki/Paschal_Homily )
( Sumber Ikon : full-of-grace-and-truth.blogspot.com
)
+ + +
Easter Homily of St. John Chrysostom
"If any man be devout and loveth God,
Let him enjoy this fair and radiant triumphal feast!If any man be a wise servant,
Let him rejoicing enter into the joy of his Lord.
If any have laboured long in fasting,
Let him how receive his recompense.
If any have wrought from the first hour,
Let him today receive his just reward.
If any have come at the third hour,
Let him with thankfulness keep the feast.
If any have arrived at the sixth hour,
Let him have no misgivings;
Because he shall in nowise be deprived therefore.
If any have delayed until the ninth hour,
Let him draw near, fearing nothing.
And if any have tarried even until the eleventh hour,
Let him, also, be not alarmed at his tardiness.
For the Lord, who is jealous of his honour,
Will accept the last even as the first.
He giveth rest unto him who cometh at the eleventh hour,
Even as unto him who hath wrought from the first hour.
And He showeth mercy upon the last,
And careth for the first;
And to the one He giveth,
And upon the other He bestoweth gifts.
And He both accepteth the deeds,
And welcometh the intention,
And honoureth the acts and praises the offering.
Wherefore, enter ye all into the joy of your Lord;
Receive your reward,
Both the first, and likewise the second.
You rich and poor together, hold high festival!
You sober and you heedless, honour the day!
Rejoice today, both you who have fasted
And you who have disregarded the fast.
The table is full-laden; feast ye all sumptuously.
The calf is fatted; let no one go hungry away.
Enjoy ye all the feast of faith:
Receive ye all the riches of loving-kindness.
Let no one bewail his poverty,
For the universal Kingdom has been revealed.
Let no one weep for his iniquities,
For pardon has shown forth from the grave.
Let no one fear death,
For the Saviour's death has set us free.
He that was held prisoner of it has annihilated it.
By descending into Hell, He made Hell captive.
He embittered it when it tasted of His flesh.
And Isaiah, foretelling this, did cry:
Hell, said he, was embittered
When it encountered Thee in the lower regions.
It was embittered, for it was abolished.
It was embittered, for it was mocked.
It was embittered, for it was slain.
It was embittered, for it was overthrown.
It was embittered, for it was fettered in chains.
It took a body, and met God face to face.
It took earth, and encountered Heaven.
It took that which was seen, and fell upon the unseen.
O Death, where is thy sting?
O Hell, where is thy victory?
Christ is risen, and thou art overthrown!
Christ is risen, and the demons are fallen!
Christ is risen, and the angels rejoice!
Christ is risen, and life reigns!
Christ is risen, and not one dead remains in the grave.
For Christ, being risen from the dead,
Is become the first-fruits of those who have fallen asleep.
To Him be glory and dominion
Unto ages of ages.
Amen."
Tidak ada komentar:
Posting Komentar